Saturday, April 20, 2013

MATERI WIDYA MWAT YASA (WIMAYA) UPN "Veteran"


  1. “Widya Mwat Yasa”  (WIMAYA) adalah sesanti dan jati diri UPN “Veteran”, yang tersurat didalam lambang UPN “Veteran”, mempunyai arti ‘belajar untuk membangun”.
  2. WIMAYA mempunyai arti sesungguhnya adalah menuntut ilmu yang digunakan untuk mengabdi sebesar-besarnya kepada bangsa dan negara dengan hati yang suci dan bersih.

  1. Dalam proses pembelajaran di UPN “Veteran”, semangat “Widya Mwat Yasa” adalah  tata nilai yang menjadi acuan bagi civitas akademika UPN Veteran dalam berkarya.

  1. Sebagai input dan sekaligus sebagai subyek dan obyek dalam proses pembelajaran “WIMAYA adalah mahasiswa/wi UPN Veteran  dengan berbagai latar belakang dan kondisi masing-masing (pribadi, golongan, suku, ras, agama, beserta kepentingan nya)
  2. Visi Pembelajaran “WIMAYA” adalah menjadikan mahasiswa/wi sebagai individu yang memiliki keunggulan spesifik antara lain profesional, cerdas intelektual-emosional-spiritual, berkepribadian baik, sadar dan mampu bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  3. Proses pembelajaran “WIMAYA” dilaksanakan berbasis RPS mata kuliah WIMAYA yang meliputi Jati diri, Sejarah UPN “Veteran”, Membangun rasa cinta tanah air, Bela Negara, Etika, Kreativitas, Kedisiplinan dan Kejuangan, dengan metodologi keteladanan, kemitraan, ceramah/kuliah, diskusi partisipatif, outbound dan seni budaya.
  4. Output: Sarjana “WIMAYA”, adalah sarjana UPN “Veteran”  yang ilmunya digunakan untuk mengabdi sebesar-besarnya kepada bangsa dan negara dengan hati yang suci dan bersih.
  5. Aktualisasi sarjana WIMAYA, adalah harus menjadi pelopor/ pionir pembangunan, berjiwa patriotis, nasionalis, disiplin tinggi, ksatria, kreatif, ulet, toleran, jujur, cerdas (intelektual, emosional dan spiritual), perekat bangsa, dan berkepribadian baik.
  6. Outcome: adalah kejayaan Indonesia, sejahtera, maju, kuat dan lestari
  7. Berbagai faktor kondisi aktual yang memprihatinkan pada berbagai komponen bangsa saat ini seperti globalisasi, narkoba, krisis multi dimensi, krisis kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, KKN dll telah merambah ke lingkungan pendidikan, harus ditangani dengan baik.
  8. Sarana yang terbaik untuk mengubah pola pikir dan perilaku manusia khususnya mahasiswa/wi adalah  melalui pendidikan.
  9. Untuk itulah mata kuliah “WIMAYA” diadakan, untuk menjadikan mahasiswa dapat :
a)      Terampil belajar sehingga menjadi individu yang cepat menguasai ilmunya.
b)      Bangga menjadi bangsa Indonesia dan mampu dan mau untuk membelanya.
c)       Percaya kita hanya bisa dipersatukan sebagai bangsa Indonesia
d)      Menyadari pentingnya hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
e)      Menyadari penting dan manfaatnya “Widya Mwat Yasa”
f)       Mampu dan mau mempertahankan kebersamaan, persatuan, ketertiban, kedisiplinan dan keharmonisan.
g)      Mampu dan mau bergaul antar etnis,antar agama, dan antar golongan dengan menghargai pluralitas dalam rangka persatuan dan kesatuan.
h)      Mengetahui sejarah UPN Veteran Yogyakarta.
i)        Melestarikan, mengaplikasikan dan memiliki komitmen cita-cita, nilai dan prinsip-prinsip pendirian UPN Veteran sebagai “Monumen Hidup Veteran Pejuang Kemerdekaan Negara Republik Indonesia”
j)        Tanggap terhadap proses dinamisasi / perubahan zaman
k)      Memfasilitasi menjadi pribadi yang mampu berkomunikasi, toleran, jujur, mempunyai rasa kebersamaan, kritis terhadap isu-isu masyarakat, bangsa dan Negara.

untuk lebih jelasnya lagi silahkan download materinya..        

             pendahuluan






No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan disini ya

Inform's Blog: MATERI WIDYA MWAT YASA (WIMAYA) UPN "Veteran"

Inform's Blog: MATERI WIDYA MWAT YASA (WIMAYA) UPN "Veteran"